Maandag 08 Julie 2013

KSR PMI UIN Alauddin Gelar Aksi Donor Darah



KSR PMI UIN Alauddin Gelar Aksi Donor Darah
Kamis, 16 Juni 2013 | Suryani Musi


http://www.uin-alauddin.ac.id/foto/donor%20darah%20di%20uin.jpgDonor darah di lapangan futsal Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, di Samata,
UIN Online - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit 107 UIN Alauddin Makassar menggelar aksi donor darah di lapangan futsal Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Rabu (16/06/2013).

Aksi donor darah ini merupakan rangkaian dari program kerja KSR PMI UIN Alauddin. Menurut Intan, Kepala Divisi Humas menyatakan bahwa kegiatan akan biasanya diadakan tiga kali dalam satu tahun.

"Untuk menjadi seorang donor darah, tidak semua orang bisa karena harus memenuhi kriteria tertentu meskipun mereka mau. Biasa ratusan yang mendaftar tapi cuma sebagian kecil yang berhasil lolos," kata Intan.

Siapa saja yang boleh menjadi donor darah? Siapa pula yang tidak boleh mendonorkan darah? Syarat-Syarat untuk menjadi donor darah yakni umur 17-60 tahun, berat badan Min 45 Kg, temperatur tubuh 36,6 - 37,5 derajat C (Oral), tekanan darah, sistole : 110 - 160 mmHg, diastole : 70 - 100 mmHg, denyut nadi 50 - 100 permenit, haemoglobin. Wanita min 12 gr %, Pria min 12,5 gr %.

Seseorang tidak boleh menyumbang darah pada keadaan pernah menderita hepatitis B, dalam jangka waktu 6 bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis, dalam jangka waktu 6 bulan sesudah transfusi darah, dalam jangka waktu 6 bulan sesudah ditato / tindik telinga, dalam jangka waktu 72 Jam sesudah operasi gigi, 6 bulan sesudah operasi kecil, dan 12 bulan sesudah operasi besar, dalam jangka waktu 24 Jam sesudah vaksinasi polio, Influenza, Chlorea, Tetanus dipteria atau rabies profilaksis, dan sejumlah penyakit lainnya.


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking